FAKTA UNIK PROPINSI YOGYAKARTA

Assalamualaikum,, 
bagi kalian yang ingin menambah wawasan, berikut ada artikel yang sangat menarik nih,, informasinya adalah seputar Fakta Unik Propinsi Yogyakarta... :) Selamat membaca ya.. Semoga bermanfaat.. :)
    
  FAKTA UNIK YOGYAKARTA
1.      Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. 
2.      Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. 
3.      Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta merupakan daerah yang mempunyai pemerintahan sendiri, yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman. 
4.      Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755, 
5.      Penduduk DIY mayoritas beragama Islam yaitu sebesar 90,96%, selebihnya beragama Kristen, Katholik, Hindu, Budha.
6.      Kota Yogyakarta memiliki semboyan "Mangayu Hayuning Bawana" yang berarti "Untuk menyempurnakan masyarakat"
7.      Pada tahun 1575 hingga 1640, Kotagede, salah satu kecamatan di Yogyakarta, pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram.
8.      Nama “Yogyakarta” sendiri diambil dari dua kata, yaitu “Ayogya” atau “Ayodhya” yang berarti “kedamaian” atau “tanpa perang”, dan “Karta” yang berarti “baik”.
9.      Kotagede merupakan cikal bakal kota Yogyakarta.
10. Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Indonesia pada tanggal 4 Januari 1946 // ketika Pemerintah Republik Indonesia memindahkan ibu kotanya dari Jakarta setelah Belanda dengan Sekutu melancarkan serangan ke Indonesia.
11. Yogyakarta terletak di lembah tiga sungai, yaitu Sungai Winongo, Sungai Code, dan Sungai Gajahwong.
12. Muhammadyah, salah satu organisasi Islam terbesar di Indoneia, didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Kauman, Ngupasan, Gondoman, Yogyakarta, pada tahun 1912.
13. Muhammadyah, hingga saat ini, masih berpusat di Yogyakarta.
14. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar ini memiliki 137 perguruan tinggi dengan 20% penduduk produktifnya merupakan pelajar.
15. Salah satu yang menjadikan Yogyakarta salah satu kota wisata adalah lokasinya yang strategis. Karena Yogyakarta terletak di jalur-jalur utama,
16. Tidak ada transportasi air di kota ini karena Yogyakarta memiliki jarak yang cukup jauh dari laut, yaitu sekitar 27 hingga 30 kilometer.
17. Kota Yogyakarta memiliki 17 buah stasiuin televisi, di mana 12 diantaranya merupakan siaran nasional dan sisanya merupakan siaran lokal.
18. Kota Yogyakarta sering disebut dengan nama Jogjakarta dan Jogja.
19. Provinsi Yogyakarta merupakan satu-satunya provinsi yang menggunakan sistem kerajaan di Indonesia
20. Gubernur Yogyakarta tidak dipilih melalui pemilu oleh rakyat tetapi berdasarkan urutan silsilah keluarga Keraton Yogyakarta.
21. Selokan mataram adalah saluran air yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Saluran air ini menghubungkan Sungai Opak dengan Kali Progo
22. Dagadu menjadi sebuah merk dagang terkenal di Yogayakarta. Dibelakang kata Dagadu terdapat kata Djokdja yang dibuat identik dengan Kota Yogyakarta.
23. Jokjakarta juga sering dijuluki dengan kota gudeg
24. Gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta yang berbahan baku dari buah nangka yang dolah dengan resep khas Yogya,
25. Kota Jogja disebut kota Budaya dikarenakan sungguh tingginya budaya lokal setempat yang dipengaruhi oleh budaya dalam kesultanan Jogja sendiri, di Jogja sendiri kebudayaan lokal masih dipertahankan dan tidak terpengaruh oleh perkembangan zaman.



EmoticonEmoticon