FAKTA UNIK PROPINSI JAWA BARAT

Halo, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh..

Hai Adik-adik, nah kali ini Kak Amir akan berbagi informasi yang menarik nih bagi kalian yang ingin menambah wawasan seputar pengetahuan umum. Dan informasi menarik kali ini adalah mengenai Fakta Unik Propinsi Jawa Barat.


FAKTA UNIK PROPINSI JAWA BARAT

1. Jawa Barat (bahasa Sunda: Jawa Kulon) adalah sebuah provinsi di Indonesia, ibu kotanya berada di Bandung.
2. Wilayah Jawa Barat pada abad ke-5 merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanagara.
3. Jawa Barat sebagai pengertian administratif mulai digunakan pada tahun 1925 ketika Pemerintah Hindia Belanda membentuk Provinsi Jawa Barat
4. Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut.
5. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk
6. Selain itu, Kota Bandung juga merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan.
7. Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana
8. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya

9. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner
10.  Di Bandung, terdapat sebuah gedung yang menjadi Ikon kota Bandung dan jawa barat pada umumnya, namanya adalah Gedung Sate.
11.  Kota Bandung dikenal juga dengan kota Seniman karena kekreatifan anak-anak mudanya.
12.  Pada tahun 2007, British Councilmenjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Dan saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.
13.  Provinsi Jawa Barat ini berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat.
14.  Di kota Bandung terdapat sebuah masjid yang dilengkapi dengan taman bermain yang indah dan dijadikan sebagai alun-alun kota Bandung.

15.  Bandung juga memiliki sebuah masjid yang memiliki arsitektur yang menawan, karena bentuk dari masjid tersebut sangat berbeda dari masjid-masjid yang ada pada umumnya, namanya adalah Masjid Al-Irsyad Bandung.
16.  Di kota Sukabumi terdapat pula sebuah masjid yang memiliki kubah seperti emas, namanya adalah masjid Agung kota Sukabumi.
17.  Dan di kota semarang terdapat sebuah masjid yang tak kalah indah dan menawan, namanya adalah masjid Agung Semarang.
18.  Bandung juga memiliki beberapa universitas dan perguruan tinggi terkemuka yang sudah mengharumkan nama bangsa, salah satunya adalah Institut Teknologi Bandung atau disingkat dengan ITB.
19.  Di propinsi ini, terdapat sebuah tempat wisata yang dikenal dengan nama wisata Puncak, yang terletak di kota Bogor.
Image : courtesy of Google
20.  Mayoritas penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda, yang bertutur menggunakan Bahasa Sunda.
21.  Penggunaan bahasa daerah kini mulai dipromosikan kembali. Sejumlah stasiun televisi dan radio lokal kembali menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar pada beberapa acaranya,
22.  Iklim di Jawa Barat adalah tropis, dengan suhu 9 °C di Puncak Gunung Pangrango dan 34 °C di Pantai Utara,
23.  Jawa Barat adalah bagian dari busur kepulauan gunung api (aktif dan tidak aktif) yang membentang dari ujung utara Pulau Sumatera hingga ujung utara Pulau Sulawesi
24.  Berdasarkan letak geografisnya,  Provinsi Jawa Barat memiliki potensi perikanan yang sangat besar
25.  Nama 'Bandung' berasal dari kata Bendung/Bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Tangkuban Perahu.
26.  Kota Bandung merupakan kota terpadat di Jawa Barat, di mana penduduknya didominasi oleh etnis Sunda.


EmoticonEmoticon